Harmoni SCTV, Bukan Sekedar Konser Musik Biasa


Tulisan ini sebenarnya sudah lama saya tulis, tapi belum sempat saya upload karena beberapa sebab. Daripada mubazir, kali ini saya posting juga di sini…

* * *

Sudah sejak sekitar dua tahun yang lalu, televisi swasta seolah bersaing untuk memberikan program musik. Mulai dari RCTI dengan Dahsyat-nya, SCTV dengan Inbox, di susul Trans TV dengan Derings, serta beberapa program musik lainnya di beberapa stasiun televisi swasta. Bahkan, tak jarang konser musik megah-megahan dengan menampilkan sederet penyanyi papan atas di usung hampir setiap televisi swasta tersebut untuk event-event tertentu. Namun kali ini saya ingin menulis tentang salah satu acara di stasiun televisi swasta yang berbeda dari konser musik biasa pada umumnya.

Bagi Anda penikmat musik, acara ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Bahkan, sederet panjang penyanyi ternama tak meragukan kualitas acara ini. Hal ini terbukti dari antusiasme mereka untuk menyaksikan live acara ini, dan berharap menjadi bagian dari salah satu penyanyi yang tampil, bahkan acara ini pun menjadi obrolan hangat mereka di jejaring sosial, twitter. Harmoni SCTV, adalah salah satu acara di SCTV yang di adakan untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-20. Acara ini cukup spesial karena di adakan selama 8 bulan dan di putar pada tanggal 20 setiap bulannya.

Menggunakan Andi Riyanto sebagai pengaransemen musik, serta memasukkannya sebagai konseptor untuk tema setiap konsernya, membuat acara ini menjulang rating tinggi. Aransemen musik yang apik dan berkelas dari Andi Riyanto yang langsung turun tangan untuk memainkan semua musik untuk lagu dengan pianonya, serta lantunan musik yang megah dari Magenta Orchestra mengiringi konser ini setiap bulannya.

Di acara ini pula, Andi Riyanto tak tanggung-tanggung menggandeng sederet penyanyi berbakat, dari tua sampai muda, dan dari yang terkenal sampai yang notabennya belum punya nama di kalangan musisi Indonesia.

Di episode 7 pada bulan Juli lalu, pertama kalinya saya menyaksikan dan langsung tertarik pada acara ini. Saya sempat terkagum dengan suara seorang penyanyi wanita yang malam itu membawakan lagu Aishiteru dari Zivilia. Lagu ini kebetulan salah satu lagu favorit saya, dan mendengarkan lagu ini dengan nuansa jazz membuat saya sontak terpana. Meski dia sempat lupa di beberapa lirik lagu, tapi kualitas suara tak mempengaruhinya. Dia tetap tampil memukau. Penonton pun dengan semangat memberi aplaus ketika lagu ini selesai di nyanyikan.

Penyanyi ini bernama Dira Julianti Suganda (31). Mungkin belum banyak yang kenal dengan wanita ini. Karena bagi bukan penggemar musik jazz dalam negeri, nama itu memang kurang familiar. Namun bila Anda sempat menyaksikan aksi perempuan kelahiran Bandung ini saat ajang Java Jazz Festival 2010 lalu, boleh jadi Anda bakal terpikat. Bahkan, penyanyi sekelas Diane Warren pun terpukau. Tanpa ragu, Warren langsung menawarkan Dira dan penyanyi Sandy Sondoro untuk tampil di acaranya, Diane Warren Show.

Bermula dari pertemuan tak sengaja dengan Bluey Incognito hingga berujung pada pembuatan albumnya yang rilis dengan label asing, Dira telah merasa musik adalah jalan hidupnya. Sejak kecil dia sudah berkenalan dengan dunia musik. Lahir dari lingkungan musik -ayahnya, musisi Rudiama Sugandi dan ibunya Mira Susanti- rumah Dira tidak pernah sepi dari suara penyanyi-penyanyi dalam dan luar negeri. Karena itu, saat ini, Dira telah menambah daftar artis Indonesia yang berhasil go international. Album perdana Dira, Something About The Girl (SATG) yang diluncurkan pada 8 Maret lalu makin mengukuhkan kiprah Dira di panggung jazz dunia. Album yang diproduseri Jean Paul ‘Bluey’ Maunick (pentolan grup Incognito) ini justru lebih dulu beredar di luar negeri (Inggris dan Jepang) dan langsung mendapat apresiasi bagus dari pecinta musik jazz dengan menghuni tangga atas lagu jazz dunia.

Episode terakhir Harmoni SCTV yang tayang pada tanggal 20 Agustus tahun lalu begitu istimewa karena dimeriahkan sederatan penyanyi papan atas Tanah Air, antara lain Andi Riff, Adhitia Sofyan, Cindy Bernadette, Anji Drive, Dira Sugandi, Dendy Mike’s, Giring Nidji, Gamaliel & Audrey Tapiheru, Ira Swara, Inna Kamarie, Nania, Kikan, Rio Silaen, Reza The Groove, Tantri Kotak, Rossa, Vidi Aldiano, dan Andi Rianto & Magenta Orchestra.

Mungkin seperti saya, Anda menemukan beberapa nama yang asing di dunia per-musik-an Indonesia. Sebut saja Adhitia Sofyan serta Gamaliel & Audrey Tapiheru.

Adhitia Sofyan, atau Adhit, dikenal karena musiknya yang ia bagi-bagikan gratis untuk didownload via internet melalui blognya karena beberapa hal. Pertama, tidak ada kepentingan penuh untuk hidup dari musik. Kedua, mempercepat brand building, mempermudah lagu-lagunya menyebar dan dibicarakan di internet. Ketiga, kesadaran bahwa file sharing/music download adalah behavior baru penikmat musik yang so far tidak mungkin dihindari karena perkembangan internet dan teknologinya. Terakhir, menurutnya sharing is fun, mudah dan InsyaAllah berpahala. Selain file-file lagu gratis di internet, Adhit juga menjual musiknya dalam kepingan CD secara normal di toko-toko musik dengan kualitas audio yang lebih baik dari file download karena sudah di-master di studio professional. Jika Anda fans Raditya Dika dan sangat antusias terhadap film Kambing Jantan, Anda pasti sudah akrab dengan Adhit karena dia membawakan lagu Adelaide Sky untuk Original Sound Track film tersebut.

Sedangkan Audrey dan Gamaliel adalah sepasang kakak beradik. Dalam konser malam itu, mereka didaulat untuk menyanyikan lagu-lagu perjuangan, seperti Bengawan Solo, dan Pantang Mundur. Gamaliel, sang kakak, seolah menyanyi tanpa beban ketika tampil. Audrey pun tak jauh beda, keduanya seolah menguasai panggung konser malam itu. Dan hasilnya, seluruh penonton konser berdiri dan bertepuk tangan riuh di lagu terakhir yang mereka bawakan. Yup, standing applause untuk Gamaliel dan Audrey! Di hari penayangannya pun, bersama Harmoni SCTV, kakak beradik ini menempati trending topic di twitter.

Berawal dari keisengan mengunggah video di YouTube, kakak beradik ini mendapat tawaran untuk mengisi sebuah acara konser musik ini. Dalam YouTube, nama Gamaliel dan Audrey Tapiheru memang bukan pemain baru. Setidaknya sudah ada 12 video yang mereka unggah dengan akun gamal1990 dan sudah disaksikan sebanyak 2.400.033 kali sejak tahun 2007 silam. Namun, ini adalah pertama kalinya mereka menyanyi untuk sebuah konser di atas panggung.

Penampilan mereka memang pantas dipuji. Meski awalnya hanya iseng-iseng menyanyi lewat YouTube, toh di atas panggung kualitas suara mereka memang layak untuk diberi pujian. Mereka memang tak sepopuler dua sahabat Sinta & Jojo yang namanya melejit lewat video mereka yang juga beredar di Youtube. Tapi, jangan pernah samakan kakak beradik ini dengan Sinta-Jojo, karena dua video mereka beda jenis. Yang satu lipsync. Satu lagi menyanyi cover version lagu orang lain.

Gamaliel (19) dan Audrey (16). Dua remaja ini menyanyi sendiri lagu-lagu milik orang lain kemudian di-posting ke You Tube. Dilihat dari tanggal posting pun, Audrey dan Gamaliel sudah menggunggah ke You Tube jauh sebelum Sinta-Jojo. Sekarang, Anda sudah bisa mendengarkan suara merdu mereka di lagu yang mereka liris bersama Cantika, Ingin Putus Saja.

Sayang sekali, Harmoni SCTV untuk menyambut Ulang Tahun SCTV yang ke-20 ini telah berakhir pada 20 Agustus tahun lalu dan sempat menggebrak konser musik di SCTV pada gempita, meskipun tak semegah Harmoni. Jadi, bagi Anda yang tertarik dan belum pernah menonton acara ini, disayangkan Anda belum berkesempatan untuk menyaksikannya di layar televisi Anda. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa mendownload video beberapa penampilan penyanyi di acara ini lewat Youtube atau liputan6.tv.

Tapi, bagi Anda yang memang berminat untuk melihat acara ini, acara ini sudah di mulai lagi sejak 30 Januari 2011 lalu dan akan tayang setiap tanggal 30 setiap bulannya. Tapi, kali ini Andi riyanto sudah tidak lagi berada di balik suksesnya acara ini, karena posisinya sudah digantikan oleh Aminoto Kosin. Anda tertarik untuk menontonnya? Silahkan tonton acara ini, jika Anda penikmat musik, saya jamin Anda tidak menyesal telah menyaksikan acara ini.🙂

28 Agustus 2010
-phia-
Beberapa artikel dikutip dari pelbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s