Frau, unique of music


Pertama kali melihat dan mendengar permainannya, saya langsung terpukau pada not-not piano yang disentuhnya. Indah, dan begitu unik. Nadanya ‘aneh’. Bahkan liriknya tergolong tidak biasa. Namun, justru itulah yang membuat saya langsung meliriknya.

frau

frau

Dan begitu saya tahu frau sudah meliris albumnya lewat dunia maya, saya langsung semangat untuk men-downloadnya. Starlit Carousel, begitu judul albumnya. Ada 6 lagu yang di suguhkan di sana, dan semuanya begitu menarik bagi saya.
01. I’m a Sir
02. Mesin Penenun Hujan
03. Salahku, Sahabatku
04. Rat and Cat
05. Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa
06. Glow

Judul Starlit Carousel sendiri adalah pemberian dari ibunya. “Starlite Carousel merupakan salah satu peran besar ibuku. Nama itu pemberian beliau. Filosofinya, lagu Frau nadanya banyak yang naik turun dan berputar seperti carousel, serta bisa bersinar seperti bintang-bintang di angkasa nantinya,” jelasnya sambil tersenyum bangga.

Lani juga menjelaskan alasannya menggunakan nama Frau untuk proyek solonya. Frau adalah bahasa Jerman yang artinya ibu. “Karna gedenya peran dan makna seorang ibu di kehidupanku, terutama ngasih inspirasi dalam bermusik. Jadi nggak salah donk aku dedikasiin arti ibu buat proyek soloku!“ tegas cewek yang pernah mengenyam pelajaran bahasa Jerman di bangku SMA ini.

Mengutip dari yesnowave, saya ingin menampilkan deskripsi tentang frau di sini. Sekedar ingin memberitahu pada khalayak, bahwa musik ini sangat layak untuk di nikmati.

“Frau adalah Leilani Hermiasih. Anaknya biasa saja. Lani berusia 21 tahun. Lulusan SMA Stella Duce 1 Yogyakarta yang saat ini duduk di bangku Jurusan Antropologi UGM. Setelah sempat mengenyam karir di Anggisluka, mencabik bass di Essen Und Blood dan menjadi kibordis ‘tambahan’ di Southern Beach Terror, mahasiswi ini diam-diam merangkai beberapa komposisi lagu yang dimainkan dan dinyanyikan sendirian. Beberapa lagunya mengadopsi jurus maut Regina Spektor dan sisanya punya rasa lebih manis dikecap di segala cuaca dan suasana layaknya musik pop ampuh pada umumnya.

Frau muncul ditengah maraknya solois-solois perempuan muda yang leluasa memainkan alat musik sambil bersenandung menjeritkan imajinasi, perasaan atau lika-liku hidupnya didepan mikrofon dan kamera mungil yang tertanam di laptopnya. Sebuah aktivitas privat diluar rutinitas yang tak jarang tersiar di situs-situs dunia maya hingga ajakan ajaib untuk unjuk gigi diatas panggung. Sebagian lagu dalam album ini sebelumnya pernah direkam seadanya dan beredar luas di kalangan muda-mudi di Yogyakarta. Namun, tidak semua orang memiliki pendengaran yang ramah menerima rekaman ’seadanya’. Untuk itulah album ini dirilis dan disebarkan untuk dinikmati oleh khalayak yang lebih luas”.

Mengutip juga dari Indikasi Radar jogja, ternyata frau  sudah menarik cukup banyak peminat musik di Indonesia yang ingin menikmati musik dengan sentuhan yang berbeda dari musik pada umumnya.

“Bagi kebanyakan musisi, bergabung dengan perusahaan rekaman besar umumnya menjadi pilihan jalan terbaik untuk mencapai puncak prestasi. Melalui major label, kemudahan meraih ketenaran yang berujung pada datangnya kemudahan finansial, menjadi pandangan mainstream. Meskipun kemudian, ada sejumlah kompromi yang harus dijalankan. Namun bagaimana dengan pemikiran para musisi indie? Dari Jogja, seorang gadis belia mulai menggebrak panggung musik indie nasional lewat harmoni kord-kord piano elektriknya. Frau, pianis solo berdarah campuran Jogja- Jepang Hawaii telah membuat kagum banyak penikmat musik bawah tanah. Lewat sejumlah performa gabungan piano dengan teater atau seni pantomim, Frau dipuji banyak pengamat musik indie sebagai new rising star di musik indie. Frau sendiri juga tidak segan-segan menyebarluaskan karya musiknya secara gratis melalui internet. Baginya, bermusik adalah media penyaluran hobi sekaligus wujud aktualisasi diri, yang tak bisa dibatasi oleh tuntutan-tuntutan atas nama bisnis komersil.”

Bagi yang tertarik, bisa download di sini.

2 thoughts on “Frau, unique of music

    • Yup, frau ini penyanyi indi. Saya juga baru tahu akhir thn kemarin di kick andy, karena setahu saya, saat itu dia memang sengaja tdk bikin album. Tapi dia memberikan lagunya gratis di internet & sebentar lg mau mengeluarkan album.
      Tapi karena musiknya yg terbilang tdk biasa, mgkin byk juga yg tdk begitu suka. Tapi coba dengerin dulu deh..🙂

      Link download-nya:
      http://yesnowave.com/?p=531

      Selamat men-download & mendengarkan..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s